Minggu, 18 Maret 2018

Eksistensi Vlog Sebagai Konsumsi Masyarakat Modern Saat Ini


Di era perkembangan zaman saat ini, teknologi semakin meningkat kedudukannya baik dari segi secara fisik (seperti alat-alat dan mesin modern berkualitas layaknya robot manusia) maupun dari segi teknologi informasi dan komunikasi (seperti kemunculan website dan perkembangan media sosial). Segala macam informasi dengan mudah dapat kita peroleh melalui berbagai media contohnya untuk media non elektronik adalah koran dan majalah sedangkan media elektronik adalah pc/laptop yang yang dilengkapi dengan jaringan internet . Tanpa terhalang jarak dan waktu semua informasi tersebut bisa dengan cepat diterima kapanpun dan dimanapun.

Hal yang paling menonjol dari perkembangan era informasi dan komunikasi modern ini adalah keberadaan media sosial yang dapat diakses oleh siapa pun pengguna jaringan internet. Berdasarkan survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 2016, statistik data menunjukkan bahwa sebagian besar penduduk Indonesia mengakses media sosial.

Salah satu media sosial yang paling banyak diakses pengguna internet adalah Youtube. Youtube dengan fitur dan konten yang beragam jenisnya, mampu menarik daya pihak masyarakat untuk selalu berkunjung ke media sosial tersebut. Pengguna media sosial Youtube saat ini, pasti sangat mengenal salah satu konten yang sangat berkembang kemunculannya yaitu Vlog.

Lalu taukah kalian sebenarnya apa itu yang dimaksud Vlog ? Bagaimana perkembangan Vlog sehingga sangat diminati pengunjung Youtube saat ini khususnya di Indonesia ? Apa saja keuntungan dari seorang Vlogger ?. Berikut pembahasan mengenai Vlog ..

Kata Kunci : Pengertian. Perkembangan, Tujuan, Keuntungan, Prosedur Pembuatan Video blog.

BAB I
PEMBAHASAN

A.   Pengertian Vlog

Kita awali dari pengertian dasar secara terpisah. Vlog berasal dari dua kata yakni ‘video’ dan ‘blog’. Apa itu video? Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Lalu apa itu Blog? Blog adalah catatan pribadi secara online yang sering diperbarui dan didistribusikan ke masyarakat umum. Nah, kalau begitu apa itu Vlog? Jadi, Vlog adalah catatan pribadi dalam bentuk video yang diperbarui dan didistribusikan secara umum. Lebih lengkapnya, vlog ini termasuk suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video di atas sumber media utamanya yakni penggunaan teks atau audio.

Selain itu, pengertian vlog secara luas adalah sebuah video yang mempunyai tema tertentu yang dikemas dalam konsep dokumentasi jurnalistik dan dimuat dalam sebuah website. Biasanya video vlog berisi tentang ketertarikan, opini maupun pikiran, hampir mirip dengan tayangan televisi, walaupun dalam proses pembuatannya tidak serumit pembuatan tayangan televisi. Istilah vlog sendiri merupakan singakatan dari video blog.

B.   Perkembangan Vlog sampai Sekarang

Kemunculan vlog yakni setelah kemunculan kamera dan kemunculan internet. Tapi kemudian aktivitas vlog itu baru muncul pada tahun 2000. Dikutip Wikipedia, pertama kali aktivitas vlog muncul setelah Adam Kontras memposting video dengan entriBlognya. Kemudian setelah itu banyak yang meniru dan pada tahun 2005, anggota yang melakukan vlog mulai bertambah banyak. Bahkan di tahun tersebut muncul situs YouTube yang kemudian menjadikan banyak orang bebas untuk upload video apa saja dalam situs tersebut termasuk Vlogging.

Perkembangan vlog sampai sekarang memang mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Sejak kemunculan YouTube, perkembangan Vlogger ini memang cukup popular di banyak negara. Namun untuk Indonesia, perkembangan vlog belum begitu lama. Belum banyak Vlogger yang aktif sebelum tahun 2012. Baru setelah 2012, banyak muncul chanel-chanel popular di YouTube yang dibuat oleh orang Indonesia. Kemudian setelah tahun 2014, mulailah muncul Vlogger-vlogger Indonesia yang mampu menyediakan beragam konten-konten viral yang mengguncang dunia.

Sebetulnya sebelum tahun 2012-2013, aktivitas blog di Indonesia lebih didominasi oleh bloging dalam situs blog. Blogger konten tulisan sangat banyak dan popular di Indonesia bahkan beberapa diantaranya sangat terkenal di dunia internet. Kenapa Vlogging masih kurang waktu itu? Mungkin salah satunya karena media dan alat untuk vlogging seperti kamera dan lainnya masih mahal dan sulit untuk di jangkau. Kini semua peralatan tersebut bisa dengan mudah sekali didapatkan bahkan dengan harga yang murah.
Bagaimana sejarah Youtube sendiri sebagai fasilitator penyedia Vlog ?

Youtube merupakan salah satu media sosial yang cukup populer dan digandrungi masyarakat. Media satu ini memungkinkan penggunanya untuk mengakses video maupun membaginya pada orang lain. Hal inilah yang membuatnya begitu populer sebab Youtube bisa melayani pengguna dengan berbagai kepentingan dan keperluan yang berbeda. Ada yang mengaksesnya untuk mendapat informasi seputar bisnis, hiburan, hobi, gaya hidup dan lain-lain. Ada pula yang bahkan menjadikannya sebagai salah satu pendukung inti dari profesi yang dijalani. Dengan posisi dan fungsi yang demikian, Youtube menawarkan banyak manfaat dan kemudahan bagi para pengguna dari segmentasi yang berbeda-beda.

Sejarah Youtube

Youtube didirikan pada Februari 2005 oleh tiga mantan pekerja PayPal, yakni Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Ketika itu, nama domain Youtube baru diaktifkan sedang ketiga pendirinya menyiapkan launching pertama laman tersebut sedemikian rupa. Tiga bulan kemudian, yakni pada Mei 2005, preview Youtube diluncurkan dan bisa diakses khalayak kemudian disusul peluncuran resminya enam bulan kemudian sekitar November pada tahun yang sama.

Ketika itu, Youtube mendapat suntikan investasi dari beberapa pebisnis papan atas sehingga perkembangannya tidak membutuhkan waktu lama. Tahun selanjutnya, 2006, Youtube mulai menepati urutan teratas dalam kategori situs paling populer versi beberapa lembaga polling. Tak mengherankan kemudian jika pada akhir 2006, Google membeli Youtube seharga 1,65 milyar USD dan disebut-sebut sebagai akuisisi terbesar yang pernah dilakukan Google.
Hingga saat ini Youtube masih beroperasi dan melayani jutaan pelanggan tiap harinya. Popularitasnya tetap diakui sebab Youtube cukup friendly pada pengguna sehingga tidak menyulitkan pengguna amatir untuk menikmati dan memaksimalkan fitur-fitur yang ditawarkan. Dengan slogan broadcast yourself, Youtube memungkinkan sekaligus memudahkan siapapun untuk berkarya dalam bentuk video dan memublikasikannya sehingga bisa diakses masyarakat luas dan mendapatkan komentar, saran hingga kritik-kritik yang beragam.

C.   Tujuan dari Vlog
 
Jika ditanya, apa sebetulnya tujuan dari Vlog ini? Jawabannya sebetulnya sama dengan blogging teks di situs blog yakni menceritakan pendapat dan catatan pribadi kepada orang lain agar diketahui oleh banyak orang. Biasanya memang bisa mewakili kepribadian pembuat vlog atau dengan tujuan dari pembuat tersebut. Artinya konten dalam vlog itu bisa memang yang sesuai dengan kepribadian dan passion vlogger, atau memang memutuskan tema tertentu yang dia inginkan untuk diketahui dan disebarkan kepada banyak orang dalam bentuk video. Berbicara tujuan, sebetulnya bisa berbeda-beda, ada yang bertujuan untuk sekedar sharing, berbagi informasi, dan bahkan getting revenue atau mendapatkan penghasilan dengan menjadikannya sebagai ladang bisnis atau pekerjaan.

D.   Apa Keuntungan Menjadi Vlogger?

Ada beberapa fenomena yang terjadi dan bahkan ada banyak hasil yang telah didapatkan oleh banyak orang yang memutuskan untuk menjadi Vlogger. Salah satunya yaitu seorang Vlogger yang mendapatkan penghargaan dengan mencetak rekor muri dunia the Guinness World Record yakni Charles Trippy. Dirinya mendapatkan rekor muri tersebut karena berhasil memposting 2200 video setiap hari secara konsisten. Sebetulnya sebelum mencari kesempatan bermimpi meraih rekor dunia, kita bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan dari Vlogging ini. Dari mana saja peluang keuntungan finansial yang bisa didapatkan dari Vlogging? Berikut diantaranya:

·         Pasang Google Adsense
·         Endorsement
·         Promosi
·         Pemasangan Iklan
·         Kerjasama dengan Pihak ketiga
·         Dll

Salah satu peluang bisnis yang bisa didapatkan dari Vlogger seperti pada hal diatas tersebut adalah dengan memonetize Video dengan sistem Iklan digital Marketing atau kita sebut saja dengan Google Adsense.

Kebanyakan pendapatan dari semua Vlogger berasal dari Google adsense walaupun separuhnya lebih langsung dari pengiklan yang tertarik dengan cara pembawaan Video dan juga penyusunan konsep Video yang benar-benar pas dengan para pengiklan.

Ini merupakan peluang emas yang memang harus digali dengan benar. Peluang menjadi Vlogger yang sukses itu sebenarnya mudah, jika kalian mempunyai konsep yang baik, Pembawaan Video yang baik dan juga dari segi pengambilan serta editing Video yang mendukung.

Pembahasan tersebut diatas adalah salah satu keuntungan dari segi finansial. Selain itu ada keuntungan lain juga yang bisa didapatkan misalnya lebih menarik dan seru untuk dilakukan dibanding dengan blogging dalam bentuk tulisan saja. Bahkan lebih jauh lagi, bisa menjadikan kita popular karena sering muncul di internet dan banyak dikenal sehingga bagus juga untuk karir kita kedepannya.

Berikut beberapa keuntungan yang akan didapat jika menjadi seorang Vlogger atau Video Blogger yang sedang trend saat ini.

1.    Terkenal Di Dunia Internet
Salah satu keuntungan yang akan kalian dapatkan disini kalian akan lebih terkenal di dunia Internet terlebih jika banyak orang yang sudah menonton Video kalian di Youtube menyebarluaskannya, ini merupakan salah satu manfaat yang benar-benar akan dirasakan para Vlogger kalau mereka juga sukses dengan Mendapatkan banyak penonton lebih dari 1 Juta Penonton. Tidak usah jauh-jauh, kita lihat beberapa Youtubers yang mamanfaatkan Vlogger untuk menjadi lebih terkenal seperti Bayu Skak contohnya, Youtuber asal Malang ini merupakan salah satu Youtubers yang lumayan dikenal di Kotanya dan juga kota sekitarnya.

2.    Mendapatkan Bisnis Lebih Menguntungkan
Kedua dengan menjadi Vlogger akan memberikan keuntungan tersendiri untuk kalian, apa itu ? Tentu saja bisnis akan terbuka lebar untuk kalian, salah satu bisnis yang paling menguntungkan ketika menjadi Vlogger yaitu Bisnis periklanan, Google adsense menjadi salah satu solusi utama untuk Memonetize Video kalian. Dan pastinya bukan hanya Google adsense saja, perusahaan-perusahaan E-commerce yang bersaing di dunia maya juga akan memanfaatkan hal ini demi mendapatkan calon konsumen dan pasti anda akan dibayar demi mempromosikannya.

3.    Lebih percaya diri tampil di tempat Umum
Kemudian manfaat menjadi Seorang Vlogger tak lain yaitu lebih percaya diri untuk tampil di tempat Umum misalnya diundang untuk acara tertentu karena sudah terbiasa dengan gaya bicara dan juga sudah tidak malu lagi, diri kita akan merasa yakin walaupun masih punya sedikit rasa Grogi pasti sudah tidak terlalu gugup dan mampu menyembunyikan rasa grogi tersebut dengan baik.

4.    Mempunyai teman banyak
Mencari teman sebenarnya bukan hanya dari real life saja, melainkan dari dunia Maya juga bisa mendapatkan teman, malah terkadang teman baik kalian berasal dari internet. Itu wajar-wajar saja karena tekonologi sekarang memang sudah maju dan tentu saja ini merupakan hal yang harus benar-benar di manfaatkan dan di maklumi. Mempunyai teman banyak di internet tidak akan membuat dibenci di dunia nyata, malah jika sewaktu-waktu para vlogger tersebut pergi berjalan-jalan dan ketemu teman atau fans kalian tentu akan lebih seru bukan.

5.    Terbuka Terhadap Orang Lain
Kadang menjadi seorang vlogger juga mempunyai manfaat tersendiri khusus untuk sifat yang kita miliki, Seorang Vlogger akan lebih terbuka untuk mengungkapkan apa yang mereka rasakan kepada orang lain dan biasanya Vlogger orangnya lebih humoris dan juga suka mendengarkan cerita dari orang lain. Ini merupakan salah satu sifat yang kebanyakan Vlogger memilikinya.

E.   Cara Membuat Vlog


Untuk membuat vlog sebenarnya sangatlah mudah, hanya membutuhkan peralatan - peralatan seperti kamera ( Smartphone ), komputer dan akses internet. Kita tidak perlu membuat sebuah website yang menampung video - video karya diri sendiri, karena dapat memanfaatkan channel Youtube sebagai media publikasi video vlog yang nantinya akan dibuat.

Selain lebih cepat dikenal oleh banyak orang, dengan memanfaatkan channel Youtube, kita tidak perlu mengeluarkan banyak pikiran maupun biaya untuk pembuatan website. Jadi dapat lebih fokus untuk membuat content video vlognya saja. Setelah sudah mempersiapkan peralatan - peralatan diatas,  sekarang waktunya prosedur dalam pembuatan video blog tersebut dilakukan. 

1. Tentukan Tema

Cara membuat vlog tahap pertama adalah menentukan tema. Hal yang diperlukan untuk membuat vlog lebih menarik adalah tema video, disamping itu tema video dibutuhkan agar video vlog yang dipublikasikan nanti tidak acak - acakan dan membingungkan bagi viewers. Jadi harus mencari tema video yang menarik, unik dan banyak dicari oleh orang. Tapi perlu diingat, jangan memaksakan diri untuk membuat tema video vlog yang pokok bahasannya tidak diri kita sukai, karena nanti dapat mempersulit dalam proses pembuatannya. Disamping itu video yang dihasilkan nantinya akan terlihat kaku dan kurang bisa dinikmati.

2. Membuat Channel Youtube

Cara membuat vlog tahap kedua adalah pembuatan channel Youtube, disini kita perlu memikirkan nama channel yang akan digunakan dan berhubungan dengan tema video - video vlog yang nanti akan dipublikasikan. Buatlah nama channel yang singkat, padat, dan mudah di ingat,  agar nanti video vlog dapat dengan mudah dikenal banyak orang.
Pembuat video juga dapat menambahkan Logo, Thumbnail dan Cover pada channel Youtube mereka masing-masing, buatlah semenarik mungkin agar terkesan profesional.

3. Proses Pengambilan Video

Cara membuat video vlog tahap ketiga adalah pengambilan video, dalam proses ini yang diperlukan adalah kemampuan untuk pengambilan video. Banyak dari kita yang bisa merekam video, akan tetapi untuk menghasilkan hasil rekaman yang baik, diperlukan melatih skill pengambilan gambar dan video, baik itu penguasaan kamera, penentuan sudut pengambilan maupun penentuan durasi pengambilan video per slide. Dan jangan sampai lupa memperhatikan kualitas audio dan pencahayaaan dalam proses pengambilan video ini.

Kamera yang digunakan juga menentukan hasil video lebih memuaskan. Jadi perlu mempersiapkan kamera atau smartphone yang memiliki resolusi kamera menengah keatas. Dan apabila diperlukan sebelum melakukan pengambilan video, dapat membuat storyboard sederhana serta konsep narasi untuk mempermudah dalam menentukan alur pengambilan video.

Hal yang tidak kalah penting adalah kemampuan untuk berbicara di depan kamera, butuh latihan khusus untuk dapat berbicara dengan baik di depan kamera, dan biasanya bagi vlogger yang masih awal, rasa canggung pasti ada. Untuk mengatasinya coba kuasi tema yang akan dibahas dalam video vlog tersebut dan sering berlatih berbicara dengan penuh percaya diri.

4. Proses Editing Video

Cara membuat vlog tahap keempat adalah proses editing video, proses ini memerlukan kemampuan khusus agar nanti dapat menghasilkan video yang baik dan menarik, hal tersebut dapat menggunakan software editing video yang terpasang di PC atau mengedit video secara online, kita juga dapat menambahkan bamper atau intro serta audio agar dapat menghasilkan video vlog yang lebih berkelas, dan menarik untuk dilihat. Gunakan audio yang tidak mengandung hak cipta agar nanti tidak terjadi hal - hal yang tidak kita inginkan, seperti pemblokiran content video di channel yang dipublikasikan.

Hal yang perlu diperhatikan dalam proses editing ini adalah alur ulasan video yang harus disesuaikan dengan storyboard, selain itu kualitas video hasil rendering juga perlu diperhatikan.

5. Proses Publish Video

Cara membuat vlog tahap kelima adalah mempublish video ke Youtube, untuk proses ini yang perlu perhatikan adalah penentuan judul video semenarik mungkin dan sesuaikan dengan isi video vlog yang akan di publish. Selain itu perlu memasukan meta tags dan deskripsi video vlog. Usahakan untuk membuat deskripsi video yang agak panjang yang menerangkan isi video yang kita upload di Youtube agar dapat meningkatkan kualitas pencarian video vlog kalian.

Untuk memberikan hasil maksimal usahakan rutin dalam mempublikasikan video vlog di channel Youtube tersebut, hal ini dilakukan agar penggemar video tidak merasa kecewa, usahakan untuk menentukan jadwal update video vlog ke dalam channel Youtube kalian.


BAB II
PENUTUP

Kesimpulan

Konsumsi, dari bahasa Belanda consumptie, bahasa Inggris consumption, ialah suatu kegiatan yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan daya guna suatu benda, baik berupa barang maupun jasa, untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan secara langsung.
Lalu mengapa kegiatan menonton vlog dalam situs youtube dikatakan konsumsi modern ?
Hal tersebut dapat disimpulkan karena, Penggunaan jaringan internet melalui alat elektronik seperti laptop/pc/smartphone merupakan bentuk konsumsi yang modern, dikarenakan pemanfaatan tersebut terjadi di dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi sekarang ini.

Vlog dikatakan sebagai konsumsi publik modern karena, pengguna internet sekarang ini hampir setiap hari dimanapun dan kapanpun dapat dengan mudah menikmati konten tersebut baik melalui laptop ataupun smartphone untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasannya, hal tersebut bertujuan untuk sekedar sharing, menambah informasi, dan getting revenue juga hanya sekedar untuk hiburan semata. 

Dari data yang dipaparkan APJII, sebesar 129,2 juta atau 97,4% orang Indonesia mengakses media sosial. Sementara dari sekian banyaknya media sosial yang ada, muncul tiga aplikasi yang paling banyak diakses oleh orang Indonesia. Aplikasi tersebut yakni Facebook, Instagram, dan Youtube. Youtube berada di urutan ketiga yang memiliki pengkases 14,5 juta orang. 

Youtube merupakan sebuah website yang memfasilitasi penggunanya untuk berbagi video yang mereka miliki, atau sebatas menikmati berbagai video klip yang diunggah oleh berbagai pihak. Youtube semakin berjaya karena semakin banyak orang yang bisa mengunggah video miliknya sendiri untuk ditonton orang lain. Ya, karena youtube merupakan situs sharing video nomor 1 di dunia. Jenis konten yang sekarang ini sering diakses adalah video blog yang berisi berbagai tema setiap vloggernya.

Pengguna internet khususnya situs Youtube sangat tinggi, setiap orang dapat mengakses video dalam youtube dimanapun dan kapanpun yang berada di lingkungan jaringan internet hampir setiap harinya dengan jangka waktu yang berkala. Mereka menonton video tersebut guna memenuhi kebutuhannya, baik dalam hal pemenuhan ilmu pengetahuan dan hiburan tersendiri sehingga dampak dan pengaruhnya dapat dirasakan oleh pengakses video tersebut.

Dewasa ini, vlog yang pada awalnya menjadi sarana untuk mengekspresikan diri dan pendapat kepada publik. Namun lama-kelamaan seiring perkembangan zaman dan pengaruh lingkungan sosial pembuat video, pada akhirnya membuat beberapa Vlogger mengekspresikan dirinya terlalu ‘bebas’ dan cenderung secara ‘negatif’ sehingga muncul tren seperti penggunaan kata kasar, makian dalam video, tren gaya hidup berbudaya barat yang bebas, serta konten-konten negatif lainnya yang tidak sesuai dengan lingkup kehidupan bermasyarat di Indonesia. Maraknya Vlog di media sosial menjadi tontonan rutin berbagai kalangan masyarakat,khususnya anak muda. Maka dari itu sikap selektif dan teliti dalam pemilihan tontonan setiap vlog sangat diperlukan, agar bukan hal negatif yang didapat melainkan manfaat atau dampak positif yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

Di bawah ini adalah manfaat Youtube yang lebih riil dan langsung aplikatif terhadap berbagai keperluan dan kebutuhan pengguna :

1. Memberikan Layanan Gratis

Secara umum, Youtube menawarkan layanan gratis khususnya untuk menikmati dan mengakses video-video yang masuk dalam sistemnya. Ini berarti bahwa untuk mengakses video apapun, seorang pengguna tidak perlu memiliki akun premium atau membayar sejumlah uang dalam skala waktu tertentu. Seorang pengguna hanya harus membeli pulsa dan menggunakan kuotanya untuk mengakses video-video yang menarik perhatiannya.

2. Men-download (Unduh) Beberapa Video Tertentu

Youtube memungkinkan pengguna untuk mengunduh beberapa video-video tertentu. Video yang demikian biasanya berukuran HD atau High Definition sehingga jika seorang pengguna ingin menonton sebuah video berkali-kali, ia hanya perlu mengunduhnya. Setelah berhasil terunduh, sebuah video dapat disimpan di gadget masing-masing untuk dinikmati kapanpun tanpa menggunakan sambungan internet.

3. Mengakses dan Berbagi Informasi seputar Hal-Hal Teknis

Banyak pengguna yang mengakses Youtube untuk mengetahui cara-cara melakukan beberapa hal tertentu, seperti demo memasak, cara menggunakan aplikasi dalam komputer atau telepon pintar, meracik jamu dan obat herbal, mendaur ulang sampah, cara praktis melakukan berbagai hal yang awalnya rumit atau tidak efektif, mengasah berbagai skill dan lain sebagainya.

Youtube istimewa karena ia menggabungkan beberapa hal mulai dari informasi, layanan audio serta layanan visual. Kombinasi tiga hal tersebut tentu lebih dapat membantu pengguna yang ingin memelajari sesuatu karena ia mendapatkan gambaran utuh mengenai cara melakukan hal tertentu yang efektif serta tepat guna.

4. Mengakses Video Streaming
 
Siaran yang ditayangkan di televisi lokal, nasional bahkan internasional bisa diakses melalui Youtube, baik siaran tersebut tengah atau telah disiarkan. Karena itu, pengguna tidak perlu khawatir dan cemas akan ketinggalan siaran yang mereka suka, semisal pertandingan bola, cricket, siaran berseri atau siaran-siaran tertentu yang diminati. Jika mereka tengah di perjalanan dan tidak dapat mengakses TV, siaran di Youtube dapat sangat membantu.    

5. Mengenalkan dan Memasarkan Produk

Youtube dalam posisinya sebagai gudang video dapat menjadi alat marketing efektif dalam mengenalkan dan memasarkan produk. Memasarkan sebuah produk di dunia daring tak ubahnya membuka gerai baru yang dapat melayani pelanggan dan konsumen dalam jumlah yang lebih besar. Ini utamanya cocok untuk para pebisnis online yang memasarkan dan mengenalkan produknya bermodal gadget dan sambungan internet.

6. Mengakses Video Informatif

Jika Anda memerhatikan acara dan siaran TV belakangan, Anda akan banyak bertemu dengan keterangan bertuliskan Courtesy: Youtube di bagian bawah layar televisi. Hal tersebut menandakan bahwa tim kreatif acara tersebut banyak menggunakan Youtube sebagai referensi dalam menyusun konten acaranya.

7. Mendukung Industri Hiburan

Seperti yang mungkin Anda lihat dalam kehidupan sehari-hari, utamanya jika Anda rajin menonton televisi, Youtube banyak berjasa menelorkan artis-artis papan atas di dunia hiburan. Meski tidak semua karier mereka bertahan lama, beberapa di antaranya tetap bersinar dan membuktikan kemampuannya.

Di sisi lain, Youtube juga membantu pengguna untuk mengakses video yang mereka inginkan semisal video clip dari penyanyi atau band kesayangan, film dari aktor, aktris atau sutradara favorit, tayangan yang sedang in dan lain sebagainya.

8. Menguatkan Branding Lembaga/Insititusi

Selain rutin dikunjungi oleh para pebisnis yang ingin memasarkan produk, siswa yang ingin mengetahui video ilmiah terkait pelajaran yang mereka terima di sekolah, pengguna yang ingin mengetahui banyak informasi tentang hobi atau gaya hidup yang mereka miliki, Youtube juga digunakan sebagai media branding lembaga atau organisasi.

9. Mengetahui Respon dan Komentar Khalayak

Fitur ‘suka’ dan ‘komentar’ dalam Youtube sangat memudahkan pengguna yang mengunggah dan membagi sebuah video tertentu untuk mengetahui respon dan komentar konsumen terhadap kualitas maupun konten videonya. Ini tentu sangat berharga sebagai bahan evaluasi dan referensi dalam membuat video berikutnya.

10. Memfasilitasi Pengguna Menguasai Skill Dasar Membuat Video

Tidak hanya memungkinkan penggunanya mengakses dan membagi video, Youtube juga memungkinkan mereka secara otodidak belajar mengutak-atik video dan menambah kualitasnya. Ini misalnya dapat dilihat dalam fitur Youtube Editor. Meskipun fitur yang ditawarkan jauh lebih sederhana dan sedikit dibanding aplikasi edit video lainnya, layanan ini sangat cocok untuk pengguna. Minimal, mereka dapat mengetahui cara menggabungkan, memutar, memotong, slow motion hingga menemukan hak cipta musik gratis untuk ditambahkan kepada video yang dibuat pengguna.

Selain itu, dampak negatif yang ditimbulkan dari pemanfaatan Youtube adalah sebagai berikut :

1. Segi Ekonomi 

Salah satu contoh adalah dengan adanya Youtube para pembisnis banyak yang meng-upload video segala jenis produk atau jasanya, dengan begitu persaingan bisnis yang semangkin ketat di era globalisasi saat ini menuntut perusahaan untuk menyusun kembali strategi dan taktik bisnisnya yang kemudian jika dilihat lebih dalam, ternyata esensi dari persaingan terletak pada bagaimana sebuah perusahan dapat mengimplementasikan proses penciptaan produk atau jasanya secara lebih murah, lebih baik, dan lebih cepat dibandingkan dengan pesaing bisnisnya atau menciptakan produk yang berbeda atau unik yang tidak dapat diproduksi oleh pesaing.

2. Segi Sosial Budaya
  • Dapat dipakai untuk mencari video porno.
  • Video-video kekerasan.
  • Video yang dapat merubah reputasi seseorang.
  • Mudah terpengaruh oleh hal yang tidak sesuai dengan kebiasaan atau kebudayaan suatu negara 
  •  Berkonotasi negative terhadap nama seseorang.


DAFTAR PUSTAKA

1 komentar:

New Product - My Pro D-1310